,

Pembatasan Pelayanan Paspor

Pembatasan Pelayanan Paspor

Menindaklanjuti penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Indonesia, Direktorat Jenderal Imigrasi memberlakukan beberapa kebijakan terbaru melalui Surat Edaran Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-2114 Tahun 2020 tentang Pembatasan Layanan Keimigrasian Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Kantor Imigrasi. Untuk pelayanan paspor, dibatasi hanya melayani pemohon yang memiliki kebutuhan mendesak. Selain itu, kuota antrian yang tersedia di aplikasi Layanan Paspor Online dan alamat web antrian.imigrasi.go.id akan ditutup untuk sementara waktu.

Kebijakan Terbaru Untuk Pelayanan Asing

 

Sedangkan untuk pelayanan izin tinggal, setiap Orang Asing yang sudah berada di Indonesia setelah tanggal 05 Februari 2020 dan izin tinggalnya akan habis tidak perlu mengajukan izin tinggal darurat. Jika masa berlaku izin tinggalnya sudah habis (overstay) akan dikenakan biaya beban Rp. 0,- (mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM).

 

Seluruh kebijakan ini berlaku mulai tanggal 24 Maret 2020 hingga diterbitkan kebijakan terbaru terkait dengan pelayanan keimigrasian di kantor imigrasi.

,

IDAMAN Hadir di Kabupaten Bekasi

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi bersama salah satu petugas IDAMAN.

 

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi hadir memeriahkan kegaiatan Launching Inovasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Bekasi yang diselenggarakan di Polres Metro Kab. Bekasi, Rabu (11/03). Dalam kegiatan ini, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi hadir dengan program inovasi IDAMAN (Imigrasi Datang Melayani Anda). Program ini merupakan program layanan paspor, dimana petugas akan datang langsung kepada pemohon. Program IDAMAN hadir sebagai bentuk implikasi salah satu fungsi keimigrasian yakni fungsi pelayanan. Saat ini, program IDAMAN sudah melayani pemohon calon jamaah haji asal Kab. Bekasi, bekerja sama dengan pihak Kementerian Agama Kab. Bekasi.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi saat menyampaikan program inovasi IDAMAN.

,

Perkuat Nilai-Nilai Pembangunan Zona Integritas Demi Tercapainya Predikat WBK/WBBM

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Heru Tjondro bersama jajaran menyambangi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi dalam rangka penguatan nilai-nilai pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM), Selasa (10/03). Sebelum menyampaikan paparan, dilakukan kunjungan ke Gerai Pelayanan Publik (GPP) Plasa Cibubur untuk melihat langsung kegiatan pelayanan keimigrasian yang disediakan di sana.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat melihat langsung pelayanan keimigrasian di GPP Plasa Cibubur

 

Setelah melakukan kunjungan, Heru Tjondro langsung bergegas menuju ke Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi guna menyampaikan paparan terkait nilai-nilai penguatan ZI kepada seluruh jajaran pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi. Dalam paparannya, ditekankan bahwa nilai-nilai penguatan ZI bisa diterapkan dengan baik dan maksimal jika setiap pegawai berkomitmen dan konsisten dan menjalani setiap nilai-nilai pembangunan ZI di lingkungan kantor. Hal ini dibutuhkan agar pembangunan ZI yang dilakukan bisa berdampak positif bagi keberlangsungan kegiatan kantor, khususnya di bidang pelayanan.

Heru Tjondro saat tengah menyampaikan paparan terkait nilai-nilai pembangunan ZI.